Terjual Rp 445 M, Harga Berlian Terbesar Ini Dianggap Kemurahan

Satu perhiasan lagi yang menjadi perhatian dalam lelang pada Selasa lalu adalah sebuah permata besar berwarna merah muda (pink) yang pernah terpasang pada mahkotamahkota beberapa raja dan kaisar Prancis, termasuk Napolen.

Permata tersebut terjual jauh melebihi perkiraan yang hanya 4,5 juta poundsterling. Lagilagi, seorang peserta lelang lain yang juga tak mau disebutkan namanya membeli pada 9 juta poundsterling melalui telepon.

Jika pajak dan komisi diperhitungkan, maka harga yang harus dibayar adalah sekitar 11 juta poundsterling (Rp 196 miliar).

Perhiasan itu diberi nama menurut nama Kardinal Mazarin, seorang kardinal dan diplomat Italia yang juga gemar mengkoleksi karyakarya seni. Ia pernah menjadi menteri kepala pada masa kekuasaan Louis XIII dan Louis XIV yang dijuluki Raja Matahari.

Dalam wasiatnya, Kardinal Mazarin mewariskan permata merah muda itu dan beberapa permata lainnya kepada sang Raja Matahari.

Batu merah muda yang digali dari tambang lama di Golconda, India selatan, kemudian berkilau di mahkota Raja Louis XV and Louis XVI (yang kemudian dipancung menggunakan guillotine).

Kemudian, permata itu menghiasi mahkota Napoleon I, Napoleon II, dan Ratu Eugenie. Sesudahnya, permata itu sempat berada di tangan ahliahli perhiasan Prancis bernama Frederic Boucher dan Baron von Derwies.

Permata tersebut dulunya pernah dilelang sekali, yaitu menjadi bagian dari penjualan perhiasaan mahkota Prancis pada 1887, sekitar 17 tahun setelah Kekaisaran Kedua ambruk dan Napoleon III beserta istrinya mencari suaka ke Inggris tanpa membawa perhiasanperhiasan mereka.

Menurut penjelasan balai lelang Christies penjualnya kali ini adalah seorang kolektor pribadi, tapi identitasnya tidak diungkapkan.

Lelang permata Christies yang baru saja meraup total penjualan senilai 80 juta poundsterling akan diikuti dengan lelang serupa oleh balai lelang Sothebys pada Rabu.