Selain Mual, Kenali Tanda-Tanda Hamil Muda

Jakarta Pada umumnya, wanita merasakan mual sebagai pertanda awal kehamilan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon saat hamil. Namun tidak semua wanita mengalami mual, bahkan sebagian wanita seringkali menyadari kehamilan pada peroide kehamilan mencapai beberapa minggu.

Menurut laman She Knows, Kamis (19/10/2017), setiap wanita mengalami gejala yang berbedabeda pada awal kehamilan. Bahkan gejala kehamilan pertama dan selanjutnya pun bisa memberikan gejala yang berbeda pada setiap wanita.

Untuk itu, penting mengetahui gejala awal yang biasanya dialami wnaita pada awal kehamilan. Jika Anda mengalami salah satu gejala berikut ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar kehamilan Anda diketahui lebih dini. Hal ini penting agar Anda dapat memastikan asupan gizi yang cukup bagi perkembangan si buah hati.

1. Payudara lembut dan besar

Menurut Dr. Grace Kong, seorang Obstetri Ginekologi di Saddleback Memorial Medical Center California, meningkatnya kelembutan payudara dan pembengkakan bisa menjadi tanda awal kehamilan.

Hal ini terjadi karena hormon berfluktuasi yang menyebabkan perubahan pada payudara saat hamil. Selain itu, jika Anda merasa payudara menjadi sangat sensitif, itu merupakan sinyal dari awal kehamilan.

2. Kelelahan

Di awal kehamilan, seringkali wanita mengalami rasa lelah yang amat sangat. Dr. Grare mengatakan hal ini bisa terjadi bahkan sebelum Anda memasuki waktu dimana Anda telat datang bulan.