Sakit Gigi, Sebab Awal Kemunculan 5 Penyakit Berbahaya Ini

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa diri Anda. Hal ini lantaran sedikit saja rongga pada gigi yang muncul akan membuat gusi meradang, dan hal ini kerap mengganggu aktivitas Anda.

Namun demikian, Anda kerap mengabaikan penanganan masalah pada gigi. Kesibukan membuat Anda terkadang tidak menghiraukan rasa sakit yang dirasakan. Ternyata, sakit gigi dapat menjadi masalah besar jika terus dibiarkan. Dilansir Men’s Health, Jumat (9/2/2018), berikut adalah penyakit serius yang bisa disebabkan oleh sakit gigi.

1. Penyakit Jantung dan Stroke

Rasa sakit pada gigi sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena bakteri yang menyebabkan sakit gigi dapat menempel pada dinding arteri, dan mengakibatkan terjadinya penggumpalan darah.

Gumpalan yang menghalangi aliran darah ke jantung akan menyebabkan penyakit jantung, dan apabila terjadi penymbatan aliran darah ke otak, maka akan memicu munculnya penyakit stroke.

2. Penyakit kanker

Sakit gigi dapat disebabkan oleh pembengkakan pada gusi. Hal ini lantaran gusi mengalami peradangan. Apabila peradangan tidak segera ditangani, hal ini bisa jadi awal pemicu pertumbuhan tumor. Semakin banyak jaringan yang rusak dan terus mengalami peradangan akan berpotensi menjadi kanker.

Kanker yang kerap dihubungkan dengan kesehatan mulut yaitu paru-paru, kandung kemih, esofagus, ginjal, perut, dan hati. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami sakit gigi, segeralah membuat janji dengan dokter.

3. Disfungsi ereksi

Bagi para pria, berhati-hati ketika sudah mulai merasakan sakit gigi. Hal ini lantaran penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri di mulut tersebut dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah. Bila hal ini terus dibiarkan, rusaknya pembuluh darah akan menjalar, hingga ke organ intim kaum pria tersebut.

4. Prostatitis

Penyakit ini merupakan masalah di mana Prostate-Specific Antigen (PSA) atau enzim yang dibentuk oleh prostat untuk kemudian disekresikan, mengalami peningkatan. Hal ini akan menimbulkan pembengkakan pada prostat.

Apabila Anda mengalami sakit gigi,produksi PSA akan menjadi lebih tinggi. Bila dibiarkan, hal ini akan menyebabkan iritasi, sulit ejakulasi, nyeri pada perineum, dan buang air kecil secara terus menerus.

5. Periodontitis

Munculnya sakit gigi erat kaitannya dengan masalah pada gusi. Peradangan pada gusi disebabkan oleh plak dan karang gigi. Bila kondisi ini semakin parah, akan menyebabkan terjadinya pendarahan.

Oleh sebab itu, segeralah pergi dan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Hal ini lantaran sedikit terjadi masalah pada gigi akan memunculkan terjadinya beragam penyakit yang lebih serius dan mengancam kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *