Relawan Kumpulkan 12.000 Ton Sampah Plastik dari Pantai India

Ratusan sukarelawan dan orang-orang yang peduli akan lingkungan di India telah sejak setahun terakhir melakukan aksi membersihkan pantai di Mumbai dari sampah.

Jika ditotal, sampah yang kebanyakan adalah sampah plastik itu telah terkumpul hingga 12.000 ton. Jumlah tersebut hanya berasal dari sebagian kecil garis pantai di Mumbai.

Dilansir dari Sky News, setiap akhir pekan, ratusan relawan berkumpul di pantai Versova di Mumbai. Mereka membersihkan garis pantai sepanjang tiga kilometer dari sampah plastik yang berserakan.

Gerakan yang diberi nama Penyelamatan Angkasa Lautan itu diprakarsai oleh seorang pengacara Afroz Shah, yang kemudian menginspirasi banyak relawan lainnya.

“Aksi ini seperti jaring yang menyaring sampah dari tertelan air pasang lautan. Jika kita tidak segera mengambil sampah yang ada, maka laut akan membawanya dan pada akhirnya akan membahayakan kehidupan di laut,” kata Shah.

Sampah plastik di pantai itu sempat menumpuk hingga setinggi pinggang. Kini orang-orang sudah bisa melihat kembali ombak di tepi pantai dan anak-anak sudah bisa bermain di pasir.

Namun aksi bersih-bersih pantai itu hanya akan sia-sia jika masyarakat tidak ikut mengubah kebiasaannya dalam membuang sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *