PKS Resmi Dukung Gus Ipul

Satu lagi dukungan buat bakal calon gubernur (Bacagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul di Pilgub Jatim bertambah. Adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan dukungan kepada Gus Ipul. Padahal sampai saat ini Gus Ipul belum mengetahui siapa yang akan mendampinginya sebagai bakal cawagub pascamundurnya Abdullah Azwar Anas.

Sebelumnya Gus Ipul diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

“Kami memberi kesempatan Gus Ipul untuk mencari partai lain terlebih dahulu. Dan sekarang kami resmi mendeklarasikan mengusung calon Gubernur yaitu Gus Ipul,” Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jatim Arif Hari Setiawan, saat memberi dukungan dihadapan Saifullah Yusuf, Selasa (9/1) malam.

PKS dikatakan, menghormati siapa pun cawagub yang akan mendampingi Gus Ipul pada Pilgub Jatim.

Sementara itu, Gus Ipul mengaku senang dengan dukungan ini sebab sevisi dengan dirinya yang ingin menjadikan Jatim yang berkeadilan, sejahtera, berdaya saing dan berakhlak. Selain itu sama-sama ingin menjaga NKRI. Apalagi PKS menyerahkan khususnya PKB dan PDIP soal cawagub.

Ini sebuah kelonggaran yang membahagiakan. Dengan masuknya PKS mendukung Wakil Gubernur Jatim ini, maka posisi Gus Ipul semakin kuat.

Jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memiliki 20 kursi, PDI Perjuangan 19 kursi dan PKS enam kursi. Seperti diketahui untuk dapat mengusung pasangan calon, harus mempunyai 20 kursi baik diusung sebuah partai maupun koalisi dengan parpol lainnya.

Sementara sampai Rabu (10/1) Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) belum menentukan arah dukungan. Dalam Pilgub Jatim, pasangan yang ada Khofifah Indar Parawansa- Emil Dardak, didukung Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan Gus Ipul sebelumnya berpasangan dengan Abdulah Azwar Anas. Karena ada masalah, Anas menyerahkan mandat yang telah diberikan sebelumnya ke PDI-P. Sampai hari terakhir penutupan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Gus Ipul, belum mendapat siapa yang bakal menggantikan posisi Anas.

Sejumlah nama yang muncul untuk mendampingi Gus Ipul, santer disebut adalah anggota DPR Puti Pramathana Puspa Seruni Pandrianagari Guntur Soekarno Putri (Puti Guntur) dan Wakil Sekretaris Jendral PDI-P Ahmad Basarah.

Informasi yang diterima SP, bahwa sosok yang akan mendampingi Saifullah Yusuf, sebagai Bacawagub Jatim, diumumkan bersamaan dengan HUT PDI-P di Jakarta hari ini. Sejauh ini baik Gus Ipul maupun dari internal PDI-P Jatim, menutup rapat-rapat siana nama yang yang akan diumumkan itu. Dalam setiap kesempatan, Gus Ipul, tidak mempermasalahkan siapa sosok
yang akan disodorkan partai moncong putih ini kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *