Pengacara Nikita Mirzani Telusuri Identitas Pembuat Twit Fitnah

Jakarta Nikita Mirzani dengan tegas membantah telah melakukan twit penghinaan terhadap Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Nikita mengaku telah dimanfaatkan namanya untuk kepentingan tertentu oleh orang tak bertanggung jawab.

Pemain film Comic 8 ini pun mengungkapkan bahwa dirinya tidak berniat untuk memperpanjang masalah tersebut. Sementara itu, pihak kuasa hukum masih belum bisa memastikan apakah foto yang beredar selama ini memang benar termasuk peretasan, atau hanya rekayasa hasil penangkap gambar.

“Saat ini banyak aplikasi atau coding hanya untuk mescreen capture, waktu itu pernah digunakan untuk Twitter Beyonce. Twitter itu satu aplikasi yang paling lemah untuk dihack,” kata pengacara Nikita Mirzani, Riza Irwansyah, saat menggelar konfrensi pers di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2017).

“Jadi mungkin kita di sini akan ada upaya hukum untuk mengusut siapa yang memposting. Walaupun saya belum yakin kalau itu (memang benar) postingan, bisa saja rekayasa screen capture,” sambung Riza Irwansyah.

Untuk itu, timnya berniat untuk meminta bantuan kepada tim cyber crime kepolisian Indonesia untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut.

“Kita belum bisa menyatakan apakah itu memang hack, atau rekayasa screen capture. Kita sih bilangnya local hacking. Karena jejak itu tidak terpampang. Kita belum bisa menentukan sekarang. Cuma pasti kita akan buat laporan. Nanti pihak cyber crime, karena mereka yang punya kemampuan melacak kemampuan untuk melacak, apakah itu hack, atau rekayasa screen capture,” lanjutnya lagi.

Dari situ nantinya akan diketahui apakah foto yang beredar tersebut betulbetul unggahan Twitternya, atau bukan. “Kalau memang hack, kan bisa ditentukan lewat IP address, kan bisa dilacak, apakah sesuai. Saat itu Niki sedang di Jogja. Kita tinggal ngukur waktunya saja.”

Nikita Mirzani sendiri meski membantah mengunggah twit tersebut, ia membenarkan bahwa akun Twitter yang terpampang di foto yang beredar tersebut adalah miliknya. “Itu memang akun Twitter saya. Tapi saya enggak pernah memposting itu,” jelas Nikita Mirzani.