Pelatih Yakin Jonatan Christie Mampu Bungkam Lin Dan

Fuzhou Pelatuh tunggal putra PBSI, Hendry Saputra, mengatakan Jonatan Christie punya kans mengalahkan bintang bulutangkis China, Lin Dan, pada babak pertama China Terbuka Super Series Premier di di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, Rabu (15/11/2017).

Hendry Saputra meminta Jonatan tampil ulet dan mengurangi kesalahan agar memenangi duel berat tersebut.

Menilik rekor pertemuan kedua pemain, Jonatan masih tertinggal 13 dari Lin Dan. Teranyar, pada Australian Terbuka 2017, Jonatan kalah dua gim langsung 1421 dan 1921.

Kalau persiapannya sudah oke. Dari segi teknik, fisik segala macam sudah oke. Namun, kalau untuk ketemu Lin Dan atau siapapun, harus tetap optimistis dulu. Di samping kita perlu lihat dan pelajari gaya permainan Lin Dan. Apalagi dia tuan rumah, jadi tidak gampang,” kata Hendry, seperti dilansir situs PBSI.

“Rekornya bagus, standarnya juga bagus. Jadi, mesti balik ke Jonatan lagi, harus lebih percaya diri. Bukan menjadi beban, tetapi menjadi kesempatan. Itu perlu perjuangan, tetapi saya optimistis, minimal dia bisa melewati dengan cara berpikirnya, strategi bermain, bukan dari menang kalahnya.”

“Jonatan kalau main normal peluangnya fiftyfifty, untuk menangnya tidak gampang. Namun, kalau dia bisa main bagus, kemungkinan besar untuk menang ada. Selalu harus tetap optimistis. Turnamen di China dan Hong Kong ini termasuk ujian buat mereka, ujar Hendry.

Jika mampu mengalahkan Lin Dan, Jonatan Christie berpeluang bersua pebulutangkis Indonesia lainnya, Anthony Ginting. Anthony akan menghadapi Ng Ka Long Angus dari Hong Kong pada babak pertama.