Pandangan Ahli Nutrisi Mengenai Sehat Tidaknya Kangen Water

Jakarta Belakangan ini beredar kabar bahwa Kangen Water memiliki khasiat menyehatkan tubuh dan mampu mengobati penyakit. Kangen water yang dimaksud ini merupakan air alkali yang dihasilkan dari proses penyaringan dengan mesin.

Pro kontra mengenai khasiat air alkali ini menuai komentar dari seorang dokter yang mengatakan bahwa klaim yang disebutkan oleh produsen air Kangen Water adalah tidak benar.

Menurut dr. I Made Cock Wirawan, air alkali pada kasus kasus tertentu seperti pada penderita maag, air alkali justru memiliki efek buruk, yakni merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit maag bertambah parah. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa air alkali dapat membuat air kencing menjadi basa juga tidak benar.

Di sisi lain, ahli Nutrisi DR dr Tan Shot Yen, M.Hum, air alkali pada prinsipnya merupakan air dengan kadar pH lebih tinggi dari air kebanyakan. Menurut dr. Tan, mengenai sehat atau tidaknya seseorang tidak bisa dilihat dari konsumsi air alkali.

“Buat saya tidak, karena sehat itu bukan soal minum airnya, tapi bagaimana orang menerapkan seluruh prinsip hidup sehat,” kata dr. Tan.

Menurut dia, penyebab masyarakat mempercayai efek menyembuhkan itu berasal dari iklan dari produk itu sendiri. “Nah, penjual air alkali itu menggunakan katakata membantu, misalnya, bantu penyembuhan kanker, bantu menormalkan gula darah. Tapi setelah kata bantunya hilang, maka dibangunlah suatu kepercayaan bahwa air tersebut bisa menyembuhkan penyakit,” katanya.