Pagar Jalan Plastik Ini Bisa Menyala Dalam Gelap

Jakarta Pembatas jalan kini tidak hanya terbuat dari besi atau baja. Plastik PVC pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembatas jalan.

Caris Guardrail mengembangkan pembatas jalan menggunakan bahan baku plastik PVC. Perusahaan asal Korea Selatan ini memproduksi pembatas jalan lebih dari 2p warna berbeda.

Pembatas jalan berbahan plastik PVC ini diklaim lebih aman dibandingkan pembatas jalan berbahan besi atau baja.

“Steel bisa karat 10 tahun dan harus diganti apa lagi kalau dejet laut. Plastik ini boleh dibilang bisa tahan seumur hidup di Korea Selatan garansi 30 tahun masih seperti hari pertama,” ujar Manager Caris Guardrail, Jimmy Tunggadjaja dalam Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 di JCC Senayan, Jakarta.

Pembatas jalan ini juga mampu menyerap benturan dari tabrakan kendaraan yang lebih baik dibandingkan pembatas jalan besi. Sehingga kerusakan kendaraan dan akibat yang ditimbulkan terhadap kendaraan lain bisa lebih kecil.

“Damagenya lebih kecil ini. Kalau besi mungkin mobilnya bisa terjun,” tutur Jimmy.

Pembatas jalan buatan Caris Guardrail ditawarkan US$ 120 sepanjang 4 meter termasuk tiang pondasi. Harga ini dinilai lebih murah dibandingkan pembatas jalan besi.

Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
“US$ 120 sudah termasuk tiangtiang per 4 meter, satu blok,” ujar Jimmy.

Selain lebih lentur, pembatas jalan ini juga bisa menyala di malam hari. Sehingga pengemudi bisa lebih aman saat berkendara.

“Ini kalau gelap bisa nyala, jadi saat ada lampu dia menyerap cahaya,” kata Jimmy.