Kunjungi Kamp Pengungsian di Coxs Bazar, Presiden Tinjau Aktivitas Bantuan RI

Setelah menempuh perjanan jalur darat sejauh 70 kilometer, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi salah satu lokasi pengungsian Rahkhine State yang ada di Kamp Jamtoli, Sub Distrik Ukhiya, Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh, Minggu (28/1/2018).

Dalam kunjungan tersebut, Presiden meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps, yang merupakan fasilitas kesehatan hasil kerja sama pemerintah bersama-sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi, serta masyarakat Indonesia.

Jokowi juga sempat berinteraksi dengan para pengungsi sekaligus memberikan bantuan kemanusiaan. Sejumlah klinik pengobatan, farmasi, hingga pompa air yang berada di fasilitas kesehatan juga tak luput dari tinjauan Kepala Negara.

“Saya hadir di Kamp Pengungsi Jamtoli ini di Cox’s Bazar untuk pertama melihat langsung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat kita, oleh lembaga swadaya masyarakat [LSM] kita, dan juga oleh pemerintah,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Kepala Negara juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung langkah pemerintah memberikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rakhine State.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dari Indonesia, termasuk masyarakat, LSM kemanusiaan,” ujarnya.

Dia menyatakan kesiapan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus membantu para pengungsi Rakhine State yang berada di Bangladesh.

“Sejak awal pemerintah kita selalu berkoordinasi mengenai kebutuhan di lapangan. Dan bantuan kemanusiaan ini akan kita berikan secara berkesinambungan,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *