Kantor Jauh dari Rumah, Hati-Hati Jadi Gemuk

Jakarta Perjalanan panjang dari rumah ke kantor cenderung meningkatkan berat badan alias menjadi gemuk. Keterbatasan waktu membuat orang tak punya banyak waktu membuat makanan sehat, ditambah perjalanan panjang menyita waktu untuk berolahraga.

Sekitar 38 persen partisipan riset yang dilakukan The Royal Society for Public Health (RSPH) Inggris mengungkapkan, mereka tidak punya waktu mempersiapkan bekal makanan sehat di rumah. Dalam perjalanan berangkat atau pulang ke kantor para commuter cenderung memilih makanan tidak sehat. Seperti makanan yang tinggi lemak dan kalori yang bisa membuat badan jadi gemuk.

Selain itu, waktu tempuh rumah ke kantor, pergi dan pulang, menyita waktu hingga dua hingga empat jam per hari sudah membuat lelah. Kalau sudah di rumah rasanya ingin istirahat saja. Sehingga keinginan untuk berolahraga pun tak ada.

Hal ini berkontribusi meningkatkan gula darah dan berat badan. Untungnya ada beberapa strategi sederhana yang membuat perjalanan panjang itu sedikit lebih sehat. Dokter Roshini Rajapaksa dari Amerika Serikat mengatakan sebaiknya memilih untuk berdiri daripada duduk saat di bus atau kereta.