Jokowi Tunjuk Dirjen Pajak Baru Siang Ini

Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mengantongi nama calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementer‎ian Keuangan. Presiden rencananya akan melakukan seleksi tersebut pada siang ini (29/11/2017).

“Dirjen Pajak siang ini dibahas TPA (Tim Penilai Akhir),” kata Jokowi saat menghadiri CEO Forum di kawasan Kuningan, Jakarta, hari ini.

Sebelumnya, berdasarkan sumber Liputan6.com, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah mengusulkan tiga nama calon Dirjen Pajak kepada Presiden.

Informasi terakhir dari Tim Ahli Wakil Presiden RI, Sofjan Wanandi memastikan bahwa Jokowi menunjuk langsung Robert Pakpahan sebagai Dirjen Pajak baru menggantikan Ken Dwijugiasteadi.

Sri Mulyani ketika dikonfirmasi pun masih pelit bicara mengenai sosok Dirjen Pajak baru. Dia baru akan memberi penjelasan setelah ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

“Berita itu saya tidak ada komentar. Bagi pemerintah, Presiden nanti disampaikan Menteri Keuangan adalah apabila sudah ada penetapan dari Presiden. Jadi, saya tidak berkomentar terhadap rumor,” kata dia di DPR RI Jakarta.

Menurut Sri Mulyani, mekanisme pemilihan Direktur Jenderal Pajak dilakukan seperti biasa. Untuk diketahui, masa bakti Ken Dwijugiasteadi sebagai PNS dan Dirjen Pajak akan berakhir pada akhir bulan ini.

“Mekanismenya seperti biasa, disampaikan kepada Presiden. Kemudian mekanisme Tim Penilai Akhir (TPA) dilakukan oleh Presiden, dipimpin oleh Presiden,” jelas dia.

Terkait pemilihan Dirjen Pajak, Sri Mulyani mengatakan akan tetap menjaga kinerja Direktorat Jenderal Pajak supaya tetap fokus. Terlebih, ini sudah berada di akhir tahun.

“Pokoknya kita akan tetap menjaga keberlangsungan Direktorat Jenderal Pajak tetap bisa berjalan secara fokus karena ini masa yang sangat kritis akhir tahun. Namun, sistem tetap dijaga. Kita juga berkoordinasi semua pimpinan di Direktorat Jenderal Pajak,” tutur dia.