Jika Mengalami 4 Hal Ini, Tandanya Perlu Berobat ke Tempat Lain

Mengeluhkan penyakit ke dokter seringkali membuat orang kecewa. Dalam arti, orang tersebut masih ragu dengan diagnosis dokter yang menanganinya.

Jika hal ini terjadi pada Anda, tentu saja tepat jika ingin berpindah ke dokter lain. Terdapat beberapa alasan Anda harus ke dokter lain jika mendapati kondisi seperti yang dikutip dari health.com.

1. Dokter tidak menyebutkan diagnosis yang spesifik

Sebelum terdeteksi penyakit, seharusnya dokter bisa memberi tahu penyakit apa saja yang akan terjadi bila mengalami keluhan yang Anda dapati, kata Leana Wen, penulis buku When Doctors Do Not Listen.

“Jika tidak memberitahu, itu memberikan isyarat untuk mencari dokter lain,” kata Leana Wen.

2. Penelitian milik Anda sendiri tidak sesuai

Begitu Anda sudah terdiagnosis maka segera cari tahu tentang penyakit Anda sendiri. Jangan takut untuk menanyakan kesimpulan diagnosis dari dokter Anda. Apakah diagnosis tersebut benar menjelaskan penyakit Anda? Apa gejala yang didapati sesuai dengan penelitian Anda sendiri? Jika tidak, jangan ragu untuk mencari dokter lain.

3. Tidak menawarkan opsi pengobatan

Bila terdiagnosis penyakit, pastinya pengobatan yang ditawarkan memiliki banyak opsi. “Hampir di setiap kasus penyakit, pasti memiliki beberapa opsi pengobatan,” kata dr. Wen.

Dokter harus menyajikan banyak alternatif pengobatan serta menjelaskan efek samping dari pengobatan yang nantinya akan menyembuhkan pasien. Dengan menerangkan efek samping dari pengobatan tersebut Anda akan dibiarkan memilih pengobatan mana yang cocok untuk penyakit yang terdiagnosis.

4. Tidak percaya pada dokter yang menangani

Jika Anda menganggap dokter yang menangani tidak berkompeten atau ada keraguan saat mendiagnosis penyakit, jangan ragu untuk mencari dokter spesialis lain.

“Kalau ragu dengan kompetensi dokter yang Anda periksakan, carilah dokter spesialis lain,” kata editor medis Roshini Rajapaksa.

Tubuh merupakan milik Anda, jadi ikuti naluri yang terdapat di tubuh tersebut. Tidak ada salahnya bukan untuk mendapat diagnosis dari dokter lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *