Jelang Uji Kepatutan Marsekal Hadi, Begini Persiapan di DPR

Marsekal Hadi Tjahjanto akan diuji kelayakan dan kepatutannya sebagai calon panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan purna tugas. Begini suasana di DPR sebelum agenda acara.

Pantauan di ruangan yang akan dipakai sebagai tempat uji kepatutan, ruang Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/12/2017) pukul 07.20 WIB, tampak beberapa personel TNI telah berada di lokasi. Mereka terpantau sibuk.

Kebanyakan dari personel TNI itu dari matra Angkatan Udara (AU). Sebab, para prajurit penjaga Tanah Air ini memakai seragam warna biru langit, khas prajurit AU.

Mereka terlihat sedang menyiapkan beberapa berkas. Ada juga yang sedang sibuk dengan komputer jinjing mereka atau laptop. Sesekali mereka mengobrol dengan rekannya.

Terlihat TNI membawa sendiri beberapa peralatan elektronik ke DPR. Ada kabel yang mereka bawa. Kabel itu dibungkus dengan kantong plastik putih.

Tampak di lokasi beberapa dokumen turut dibawa. Ada satu berkas dengan tulisan besar di sampulnya. Tulisan itu berbunyi, “Bahan Rapat Fit and Proper Test Calon Panglima TNI”.

Beberapa materi akan ditujukan ke Marsekal Hadi dalam uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar pukul 10.00 WIB. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanudin menyebut agenda ujian bagi Hadi ini akan berlangsung terbuka-tertutup.

“Ketika paparan visi-misi itu terbuka dan ketika pendalaman, karena ada mungkin banyak hal-hal yang sifatnya rahasia, kita laksanakan tertutup,” ujar TB Selasa (5/12) kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *