CVS Health Akan Akuisisi Aetna Senilai US$67,5 Miliar

CVS Health Corp. berencana mengakuisisi Aetna Inc. dengan nilai sekitar US$67,5 miliar sehingga mendirikan raksasa layanan kesehatan yang akan memiliki segala hal mulai dari asuransi hingga toko obat.

Dilansir Bloomberg, CVS mengatakan pada Minggu (3/12/2017) bahwa perusahaan akan membayar US$207 per saham untuk Aetna, dengan US$145 per saham dalam bentuk tunai dan sisanya dalam saham. Angka penawaran ini 29% dibanding harga saham Aetna pada 25 Oktober, sehari sebelum perusahaan tersebut dilaporkan melakukan perundingan.

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu penggabungan layanan kesehatan terbesar dalam dekade terakhir, yang menggabungkan jaringan toko obat terbesar di AS dengan perusahaan asuransi kesehatan terbesar ketiga.

CVS juga mengelola rencana benefit obat untuk pengusaha dan perusahaan asuransi, sebuah bisnis yang dapat membantu mengarahkan 22 juta pelanggan Aetna ke toko obat CVS. Kesepakatan itu akan membuat peserta asuransi Aetna lebih mudah mendapatkan perawatan.

Jika memperhitungkan asumsi CVS atas hutang Aetna, kesepakatan itu akan bernilai US$ 78 miliar. Akuisisi ini akan difinalisasi pada paruh kedua 2018, kata perusahaan tersebut.

Dalam sebuah wawancara bersama, Chief Executive Officer CVS Larry Merlo dan CEO Aetna Mark Bertolini mengatakan bahwa merger kedua perusahaan akan membantu CVS memperluas berbagai layanan medis ritel, mulai dari perawatan mata, saran nutrisi hingga audiologi, dan membuat perawatan dasar lebih mudah dan lebih murah bagi konsumen.

Aetna akan dioperasikan sebagai unit bisnis terpisah, dan setiap layanan baru akan dirancang untuk menarik pelanggan dari perusahaan asuransi lainnya juga, kata kedua eksekutif perusahaan.

Manfaat finansial langsung dari akuisisi ini diproyeksikan relatif rendah. Kedua perusahaan mengatakan bahwa mereka mengharapkan sinergi senilai US$750 juta dan peningkatan laba hingga pertengahan pada tahun kedua setelah merger selesai.

Kedua perusaaan mengincar laba jangka panjang dari perombakan kembali alur perawatan terhadap pelanggan, dengan menciptakan apa yang disebut sebagai “10.000 pintu baru untuk sistem perawatan kesehatan’ di toko dan klinik CVS.

“Pikirkanlah toko-toko ini sebagai pusat cara baru mengakses layanan perawatan kesehatan di seluruh AS. Kami membawa perawatan kesehatan ke tempat orang tinggal dan bekerja,’ kata Merlo dalam wawancara bersama, seperti dikutip Bloomberg.

Kesepakatan itu akan dibiayai dengan uang tunai dan hutang. Barclays Plc, Goldman Sachs Group Inc dan Bank of America Corp telah berkomitmen untuk menyediakan dana sebesar US$49 miliar untuk akuisisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *