Bride to be! Jalani 4 Medical Check Up Ini Sebelum Menikah

Jakarta, Ingin segera menyusul Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution? Pastikan Anda sudah menjalani premarital check up minimal enam bulan sebelum hari H. Jika Anda berpikir bahwa ini adalah hal yang kurang penting atau terkesan meragukan keseriusan menuju jenjang lebih serius, justru ini sebenarnya akan membantu Anda dan pasangan mendapatkan pernikahan yang lebih harmonis lho.

Menjalani medical check up sebelum hari besar bermanfaat untuk mencegah atau mengatasi masalah yang mungkin terjadi ketika mengaruhi bahtera rumah tangga. Nah, apa saja yang pemeriksaan yang harus dijalani? Dikutip dari Boldsky, Selasa (7/11/2017), ini dia di antaranya.

1. Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore, sifilis, bakteri vaginosis dan kutil dapat diobati dengan perawatan medis yang tepat. Hal ini akan mengurangi risiko infertilitas dan keguguran. HIV, hepatitis B dan C juga masuk daftar pemeriksaan karena kondisi ini bertahan seumur hidup dan jika tidak dikelola dengan bisa sangat mempengaruhi pernikahan Anda di masa mendatang.

2. Kesuburan

Kesuburan adalah poin yang sangat mendapatkan perhatian. Nah dalam tes kesuburan, Anda dan pasangan akan mengetahui tingkat sperma dan kesehatan ovarium masingmasing.

3. Tes genetik

Tes genetik mencakup skrining untuk diabetes, hipertensi, kanker tertentu dan tes untuk thalassemia. Dengan menjalaninya akan memungkinkan pasangan mencari perawatan medis sebelum kondisinya sampai ke tahap lebih lanjut, demikian dilansir Femina.in.

4. Blood disorder

Menurut seorang ahli, jika seorang wanita memiliki Rhnegatif [seperti A (ve)] menikah dengan pria Rhpositif [seperti A ( ve) atau B ( ve)], akan ada ketidakcocokan yang bisa berakibat fatal pada anak kedua. Itulah alasan tes darah perlu diperiksakan sebelum menikah.