5 Smartphone Paling Dinanti di Paruh Pertama 2018, Apa Saja?

Bulan Februari jadi bulan yang paling dinanti oleh pecinta gadget dan smartphone. Bagaimana tidak, di bulan Februari biasanya digelar konferensi perangkat mobile terbesar di dunia, Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Dari tahun ke tahun, beragam merek smartphone mengumumkan model flagship smartphone mereka di MWC. Salah satunya adalah Samsung dengan perangkat Galaxy S9-nya.

Lantas, smartphone apa saja yang paling dinanti di paruh pertama 2018? Berikut adalah 5 di antaranya.

1. Galaxy S9 dan Galaxy S9+

Samsung dipastikan merilis Galaxy S9 dan Galaxy S9+ di Barcelona, sehari sebelum MWC, yakni 25 Februari 2018.

Soal desain, tampaknya tidak akan ada perubahan mencolok dibandingkan Galaxy S8. Kendati begitu, ada beberapa fitur baru yang akan dihadirkan Samsung di Galaxy S9, salah satunya di sisi kamera.

Dalam undangan peluncuran Galaxy S9, Samsung menghadirkan fitur super speed dual pixel di kamera Galaxy S9. Dengan begitu, kamera Galaxy S9 mampu menangkap fokus lebih cepat dibanding pendahulunya.

Autofokus super cepat ini berguna untuk mengambil foto cepat dalam sekejap, sehingga hasil foto secara keseluruhan lebih tajam. Tidak hanya itu, Galaxy S9+ dilaporkan hadir dengan kamera utama ganda.

2. LG G7

LG G7 merupakan suksesor dari LG G6. Belum diketahui kapan smartphone ini akan dirilis, akan tetapi beberapa pihak berspekulasi LG G7 akan diperkenalkan sekitar Maret atau April 2018.

Menurut The Investor, LG G7 ditengarai hadir dengan chipset flagship terbaru Snapdragon 845. Belum ada banyak informasi mengenai LG G7, kendati demikian kemungkinan smartphone ini hadir dengan bezel tipis, ketahanan terhadap air, kamera ganda, dan lensa ultra-wide angle.

3. Moto G6

Motorola seri G merupakan smartphone seri mid-range yang tidak hadir dengan banyak aplikasi bloatware seperti kebanyakan smartphone di kelasnya.

Model Moto G6 diperkirakan hadir dengan desain mirip smartphone premium, tetapi harganya lebih terjangkau. Seri Moto G Motorola tidak ditenagai dengan chipset sekelas Snapdragon 845, namun secara sejauh ini secara performa cukup baik.

Apalagi harganya juga tidak terlampau mahal seperti flagship smartphone. Sebelumnya, Moto G5 Plus dibanderol seharga US$ 230 atau sekitar Rp 3 jutaan.

Sementara, untuk Moto G6, kabarnya akan melenggang dengan desain semi premium dan rasio aspek 18:9 seperti flagship smartphone Android lainnya.

Selain itu, perangkat ini bakal dibekali kamera berkualitas. Kemungkinan, Moto G6 bakal diperkenalkan di ajang MWC 2017, seperti pendahulunya Moto G5.

4. Nokia 9

Nokia telah hadir kembali ke dunia smartphone dengan merilis perangkat Android entry level dan mid-range. Kini di ajang MWC 2018 Nokia bakal menghadirkan perangkat high-end, yakni Nokia 9.

Secara fitur, Nokia 9 kemungkinan hadir dengan setting kamera ganda. Selain itu, smartphone ini juga kabarnya ditenagai prosesor Snapdragon 845.

Soal layar, Nokia 9 kabarnya menggunakan layar OLED dan desain premium. Melihat OS yang sebelumnya digunakan smartphone Nokia, perangkat ini kemungkinan hadir dengan antarmuka Android stock.

5. OnePlus 6

Awal Januari 2018, Co-founder OnePlus Pete Lau mengkonfirmasi kehadiran smartphone terbarunya di kuartal kedua 2018, kemungkinan adalah OnePlus 6.

Tahun lalu di bulan Juni, OnePlus juga merilis OnePlus 5.

Sayangnya tidak ada informasi detail mengenai perangkat OnePlus yang akan datang. Namun kemungkinan antarmuka dan ssitem operasi smartphone ini juga bakal dibekali OxygenOS dengan Android stock.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *