5 Jenis Teh untuk Menurunkan Berat Badan

Teh adalah minuman yang sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Beberapa penelitian bahkan menemukan manfaat teh untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. Apa saja jenis teh tersebut?

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang paling efektif untuk menurunkan berat badan dan membakar lemak. Teh hijau mengandung antioksidan katekin yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk memperpercepat pembakaran lemak.

Manfaat teh hijau ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2008 yang dimuat dalam jurnal Physiology of Behavior setelah mengamati 60 orang obesitas yang diminta berdiet. Sebagian dari mereka diminta rutin minum teh hijau selama 12 minggu.

Hasilnya, orang-orang yang rutin berdiet sembari minum teh hijau mengalami penurunan berat badan hingga 3,3 kilogram lebih banyak daripada yang hanya berdiet saja.

Penelitian lain dengan rentang waktu percobaan yang sama juga melaporkan hal serupa. Bahkan penelitian ini juga menemukan bahwa teh hijau ikut memangkas lebar lingkar pinggang secara dramatis.

2. Teh hitam

Beberapa penelitian menemukan bahwa teh hitam efektif untuk menurunkan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan terhadap 111 orang menemukan bahwa minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan penurunan berat badan.

Selain itu, teh hitam juga bisa membantu mengurangi lingkar pinggang, dibandingkan dengan meminum minuman kontrol yang mengandung kafein juga.

Kandungan flavonoid yang tinggi pada teh hitam menjadi alasan mengapa teh hitam memberikan efek penurunan berat badan. Orang yang minum teh hitam memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Namun, penelitian ini hanya membahas hubungan antara indeks massa tubuh dan asupan flavonoid. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat teh hitam ini.

3. Teh oolong

Menurut sejumlah penelitian, teh oolong dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan mempercepat metabolisme tubuh. Semakin cepat kerja metabolisme, maka proses pembakaran lemak meningkat.

Salah satu penelitian yang dilakukan pada 102 orang yang memiliki kelebihan berat badan dan diminta mengonsumsi teh oolong setiap hari selama enam minggu menunjukkan teh ini dapat membantu mengurangi berat badan serta memangkas lemak tubuh.

4. Teh putih

Teh putih adalah jenis teh yang diolah dari daun teh muda, sehingga rasanya sedikit lebih manis. Teh putih memiliki manfaat untuk kesehatan mulut dan membunuh sel kanker. Selain itu, teh putih juga dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh.

Teh putih dan teh hijau memiliki jumlah katekin yang sebanding, yang dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa ekstrak teh putih meningkatkan pemecahan sel lemak dan mencegah terbentuknya sel lemak baru. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

5. Teh herbal

Teh herbal berbeda dengan teh biasa. Biasanya teh herbal tidak mengandung kafein dan tidak dibuat dari daun pohon teh (Camellia sinensis), melainkan dari seduhan daun tanaman tertentu, kelopak bunga, batang rempah, hingga buah kering.

Jenis teh herbal yang populer meliputi teh rooibos, teh jahe, teh rosehip dan teh kembang sepatu. Meskipun ramuan dan formulasi teh herbal dapat sangat bervariasi, beberapa penelitian menemukan bahwa teh herbal dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak perut.

Teh rooibos adalah salah satu jenis teh herbal yang sangat efektif untuk pembakaran lemak. Sebuah penelitian melaporkan bahwa teh rooibos meningkatkan metabolisme lemak dan membantu menghalangi pembentukan sel lemak.

Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk melihat efek teh untuk menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *