14 Ciri Orang dengan Kepribadian Sangat Sensitif (1)

Beberapa orang kerap merasa dirinya sensitif, tapi juga yang memiliki kadar sensitif lebih dari itu atau sangat sensitif (highly sensitive person/HSP). Kepribadian sangat sensitif pertama kali diteliti oleh Elaine Aron di 1990-an.

Dari riset yang dilakukan ada sekitar 10-15 persen atau satu dari lima orang sangat sensitif. Walau jumlah orang yang sangat sensitif minoritas, bukan berarti hal buruk. Ada banyak karakteristik positif pada orang-orang ini seperti disampaikan Aron.

Para pakar mengatakan ada beberapa ciri orang sangat sensitif mengutip laman Huffington Post, Jumat (9/2/2018).

1. Perasaan mendalam

Salah satu karakteristik orang yang sangat sensitif adalah kemampuan merasa lebih mendalam dibanding teman-teman.

“Orang-orang supersensitif senang memproses sesuatu di tingkat yang mendalam. Mereka sangat intuitif, melangkah jauh dan mencoba memikirkan itu semua,” kata penulis buku yang membahas karakter orang sangat sensitif, Ted Zeff, Ph.D.

2. Emosi reaktif

Orang-orang sangat sensitif akan bereaksi lebih dalam berbagai situasi. orang-orang ini memiliki empati lebih tinggi dan merasa peduli masalah teman atau keluarga seperti disampaikan Aron.

3. Sering dengar orang mengatakan, ‘Kenapa sih kamu sensitif banget?’

Pada beberapa budaya, orang yang terlalu peka atau sensitif dianggap sebagai hal negatif. Sebagai contoh dalam riset yang dilakukan oleh Zeff, pria adal Thailand atau India tidak pernah diejek karena memiliki perasaan sangat sensitif. Namun, pria asal Amerika Utara sering mendapat ejekan tersebut.

“Jadi hal ini terkait kebudayaan. Ada populasi yang menanggapnya hal negatif tapi di beberapa kultur, sensitivitas tinggi sebagai budaya,” kata Zeff.

4. Pilih olahraga sendiri daripada ramai-ramai

Orang-orang yang sangat sensitif cenderung menghindari olahraga kelompok atau tim. Karnea membuat ada banyak orang melihat aksinya seperti disampaikan Zeef.

Dalam riset yang dilakukan Zeff, ditemukan orang-orang ini cenderung memilih olahraga individual seperti sepeda, lari atau hiking. Untungnya, ada beberapa orangtua yang memahami kondisi anaknya seperti itu. Sehingga mudah bagi anak untuk memilih olahraga yang disukai.

5. Butuh waktu lama untuk membuat keputusan

Orang-orang sangat sensitif begitu mempedulikan hal-hal detil sehingga membuatnya jadi lebih sulit membuat keputusan seperti disampaikan Aron. Bahkan, dalam memilih hal yang bukan salah atau benar seperti rasa es krim bisa butuh waktu lama.

Jika pilihan tersebut dirasa benar olehnya, di masa depan jika pilihan itu lagi dia akan memilih hal yang sama.

6. Amat sedih bila membuat keputusan buruk atau tidak tepat

Setiap orang pasti memiliki perasaan tak nyaman bila keputusan yang dibuat buruk atau tak tepat. Bagi orang sangat sensitif hal tersebut bisa menjadi perasaan yang berat.

“Emosi itu makin kuat karena reaksi emosi yang lebih tinggi,” kata Aron.

7. Peduli hal-hal detail

Orang-orang sangat sensitif adalah orang pertama yang mengetahui bila ada teman potong rambut walau hanya 3 cm, atau perubahan di ruang tamu seseorang, sepatu baru yang dipakai hingga perubahan cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *